Home » » Cara Membuat Sumur Resapan Air Tipsnya

Cara Membuat Sumur Resapan Air Tipsnya

Cara membuat sumur resapan air ini telah kerap kita dengar. Tetapi mengingat besarnya faedah sumur resapan air tak ada kelirunya bila cara membuat sumur ini dibahas kembali.

Juga sebagai perihal biopori, sumur resapan air pernah digalakkan pembuatannya. Faedah dari sumur resapan air yaitu meminimalkan terjadinya bencana banjir waktu musim penghujan sekalian juga sebagai dengan ‘menanam air‘ ke tanah. Ini sekalian menaikkan persediaan air bersih didalam tanah yang bisa digunakan pada musim kemarau.

cara membuat sumur resapan air, terdapat banyak prasyarat umum yang perlu dipenuhi. Prasyarat ini sesuai sama Standard Nasional Indonesia (SNI) perihal Tata Cara Rencana Sumur Resapan Air Hujan untuk Tempat Pekarangan. Kriteria umum yang perlu dipenuhi diantaranya :

  • Sumur resapan atau dikenal juga sumur biopori mesti ada pada tempat yang datar, tak pada tanah berlereng, curam atau labil.
  • Sumur resapan berjarak minimum lima mtr. dari tempat penimbunan sampah serta septic tank serta berjarak minimum satu mtr. dari fondasi bangunan.
  • Kedalaman sumur resapan dapat hingga tanah berpasir atau optimal dua mtr. dibawah permukaan air tanah. Kedalaman muka air (water table) tanah minimal 1, 50 mtr. pada musim hujan.
  • Susunan tanah mesti memiliki permeabilitas tanah (kekuatan tanah menyerap air) minimum 2, 0 cm per jam yang bermakna dalam satu jam dapat menyerap genangan air setinggi 2 cm.
Cara membuat sumur resapan air. Pembuatan sumur resapan air dibedakan berdasar pada keadaan rumah serta lingkungan yakni ; untuk rumah dengan talang air, untuk rumah tanpa ada talang air, serta untuk ruang terbuka (taman). Untuk kesempatan ini bakal dibahas cara pembuatan sumur resapan air pada rumah yang memakai talang air.

Tehnik pembuatan sumur resapan air
Cara pembuatan sumur resapan air pada rumah dengan talang air yaitu seperti berikut :

  • Buat sumur dengan diameter 80-100 cm sedalam 1, 5 m tetapi tak melebihi muka air tanah.
  • Untuk menguatkan dinding tanah, pakai buis beton, pasangan bata kosong (tanpa ada plesteran) atau pasangan batu kosong.
  • Buat saluran pemasukan yang mengalirkan air hujan dari talang ke sumur resapan dengan memakai pipa paralon.
  • Buat saluran pembuangan dari sumur resapan menuju parit yang berperan buang limpahan air waktu sumur resapan keunggulan air. Ketinggian pipa pembuangan mesti lebih tinggi dari muka air tanah paling tinggi pada selokan drainase jalan itu.
  • Isi lubang sumur resapan air dengan koral setebal 15 cm.
  • Tutup sisi atas sumur resapan dengan plat beton. Diatas plat beton ini bisa diurug dengan tanah.
  • Tidak sama dengan pembuatan lubang resapan biopori, membuat sumur resapan air memanglah memerlukan cost yang semakin besar. Diluar itu tak seluruhnya tempat bisa di buat sumur resapan, mesti memerhatikan kriteria umum juga sebagai tersebut di atas. Tetapi lingkungan yang tambah nyaman ditempati manusia mengapa tak?.

Rekomendasi serta gambar:
http://desainrumahminimalis1.com/inilah-cara-membuat-sumur-resapan/